Cara Mudah Membuka SMTP Port 25 Yang Diblokir Vultr

Vultr

Beberapa waktu lalu saya baru migrasi dari DigitalOcean ke Vultr. Namun ketika selesai setup salah satu web, saya baru sadar kalau ternyata tidak bisa mengirim email. Jadi saya hanya bisa menerima email yang masuk namun selalu gagal jika ingin mengirim email. Awalnya saya kira ada yang salah dengan settingan server, tapi setelah dicek ulang semua settingan sudah benar, saya coba saran dari link ini,  kemudian coba restart exim hasilnya tetap sama, coba untuk matikan DKIM, kirim email ke provider lain selain gmail seperti live.com dll, lalu restart server, sampai pindah lokasi dari Tokyo ke Sydney hasilnya tetap sama muncul error seperti ini.

A message that you sent could not be delivered to one or more of its
recipients. This is a permanent error. The following address(es) failed:

**censored**@gmail.com
retry timeout exceeded

—— This is a copy of the message, including all the headers. ——

Sebenarnya saya sudah menemukan solusi alternatif untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan menggunakan penyedia email external seperti Zoho atau yandex, dengan menggunakan Yandex saya coba berjalan dengan baik namun karena saya merasa sudah membayar dan sudah seharusnya mendapatkan fasilitas penuh jadi saya putuskan untuk menghubungi bagian support vultr untuk menanyakan masalah ini, dan langsung mendapat jawaban seperti ini :

In order to combat spam and spamlike activities, our system requires a properly completed and vetted CC authorization form to confirm clients’ identities prior to SMTP block removal.

Please complete the authorization form and fax it in or scan and attach to this ticket:

https://my.vultr.com/billing/cc_auth_form.pdf

Ya ! itu adalah jawabannya kenapa saya tidak bisa mengirim email, mereka memblokir SMTP port 25 dengan tujuan untuk memerangi aktivitas spam yang mungkin terjadi dari server mereka, disitu juga ditulis jelas cara untuk membuka smtp yang diblokir yaitu dengan mengisi formulir dan mengirimkannya kembali pada pihak Vultr.

Masalah selanjutnya ada disini, pada formulir tersebut kita harus mengisi sejumlah data pribadi seperti alamat, nomor telepon, dll kemudian menyisipkan kartu identitas dan kartu kredit. Syarat terakhir yang membuat saya agak keberatan karena harus memfoto kartu kredit, akhirnya saya mengubungi kembali pihak Vultr apakah ada cara lain untuk membuka SMTP port 25 yang diblokir tanpa memberikan detail kartu kredit kita.

Beruntung, pihak Vultr dengan cepat merespon dan mereka mengatakan CUKUP mengunggah kartu identitas yang diterbitkan oleh pemerintah (SIM, KTP, Passport) dan tidak harus mengisi kemudian mengirimkan formulir yang telah diisi beserta detail kartu kredit kita. Akhirnya saya kirim KTP dan tidak sampai 1 jam masalah SMPT Port 25 yang diblokir telah dibuka oleh pihak Vultr.

Pesan bahwa SMTP saya telah dibuka.

Balasan dari pihak Vultr bahwa pemblokiran SMTP telah dibuka dan saya diminta me-restart server

Akhirnya saya bisa kembali mengirim email seperti biasa tanpa ada masalah, dan itu adalah cara mudah membuka SMTP port 25 yang diblokir Vultr. Jika ada yang mengalami masalah yang sama silahkan dicoba tipsnya.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone
  • waaaah, mantaaaap gan.. fast respon banget.. wkwk