Cara Perpanjang STNK 5 Tahun

perpanjang-stnk

Banyak orang yang masih belum mengerti atau menganggap perpanjang STNK 5 Tahun sulit sehingga lebih memilih jasa calo, namun kenyataanya tidak sesulit yang dibayangkan. Untuk perpanjang STNK 1 Tahun kita cukup datang ke kantor SAMSAT terdekat, bisa di SAMSAT Outlet yang biasanya berlokasi di mall atau tempat umum lainnya. Kemudian juga ada SAMSAT keliling yang biasanya ada diparkiran tempat umum dan berpindah-pindah setiap harinya. Namun khusus untuk perpanjang STNK 5 Tahun kita harus mendatangi kantor SAMSAT, tidak bisa di SAMSAT Outlet dan SAMSAT keliling. Berikut cara perpanjang STNK 5 Tahun :

  1. Siapkan berkas yang dibutuhkan :
    • BPKB Asli
    • KTP Asli
    • STNK Asli
    • Jangan lupa uang tunai (Harus asli juga)
  2. Datang ke Kantor SAMSAT kemudian langsung parkir kendaraan di Bagian Cek Fisik Kendaraan jangan parkir di tempat parkir biasa. Kenapa langsung parkir disini ? Karena untuk perpanjang STNK 5 Tahun kendaraan kita harus melewati tahap cek fisik yaitu dengan gosok nomor mesin dan nomor rangka dan biasanya pada tahap pertama ini antrean sudah lumayan panjang.
  3. Sambil menunggu antrean Cek Fisik Kendaraan, kita foto copy berkas yang sudah disiapkan tadi, BPKB, KTP, dan STNK (Uang jangan di foto copy). Biasanya ada tukang foto copy di dalam area SAMSAT, jadi tidak harus jalan jauh keluar dan tukang foto copy ini sudah hafal betul, kita tinggal menyebutkan keperluan (dalam hal ini ingin perpanjang STNK 5 Tahun) nanti tukang foto copy sudah tahu berapa jumlah yang harus di foto copy, kemudian merapikannya, membuat jadi satu bundle, memasukan kedalam map. Jadi kita tinggal menerima 1 map yang isinya semua berkas yang diperlukan, enak kan ?
  4. Balik lagi ke tempat Cek Fisik Kendaraan, tunggu sampai giliran kita tiba. Setelah selesai cek fisik kita akan menerima 1 lembar berkas dari bagian Cek fisik, kemudian ada petugas didekat situ yang duduk lengkap dengan kursi dan meja yang bertugas memberi cap. Cukup serahkan map ke petugas tersebut nanti berkas kita akan diberi cap. Jangan lupa juga setelah selesai tahap ini parkirkan kendaraan di tempat parkir biasa.
  5. Setelah itu, kita masuk kedalam gedung untuk langsung ke loket pendaftaran STNK 5 Tahun. Serahkan 1 map yang berisi semua berkas tadi, tunggu sebentar sampai nama kita dipanggil (kira-kira 3 menit) nanti BPKB Asli kita akan dikembalikan dan berkas sisanya akan disimpan petugas tersebut (KTP Asli belum dikembalikan).
  6. Langkah selanjutnya bayar dikasir, mungkin ini bagian terlama karena saya antre sekitar 2 jam sampai dipanggil oleh kasir untuk melakukan pembayaran. Loket pembayaran ini hanya menerima uang tunai dan setelah membayar pun kita tidak mendapat tanda terima apapun.
  7. Setelah melakukan pembayaran kita antre lagi di bagian pengambilan STNK. Tunggu sampai nama kita dipanggil (saya antre sekitar 30 menit) nanti kita akan mendapatkan kembali KTP Asli dan 3 lembar kertas, yang 2 lembar seperti biasa STNK 1 Tahun dan 5 Tahun dan 1 lembar tambahan untuk kita berikan ke bagian pembuatan plat nomor. Diberikan juga plastik baru untuk STNK karena kebetulan plastik lama saya sudah rusak.
  8. Pergi ke bagian pembuatan plat nomor, masih di area SAMSAT namun biasannya ada di belakang gedung utama. Serahkan kertas tambahan yang didapat tadi ke petugas pembuat plat nomor, kemudian antre sebentar (sekitar 10 menit) untuk menunggu pembuatan plat nomor baru. Nanti jika sudah selesai akan dipanggil berdasarkan plat nomor kita, bukan nama. Ketika mengambil tunjukan STNK Asli.
  9. Selesai, pulang, pasang plat nomor baru.

Ini adalah cara untuk perpanjang STNK 5 Tahun, cukup mudah kan ? Sebetulnya ada beberapa hal terkait saran yang akan saya jelaskan di bagian ke 2 nanti. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone